Rabu, 14 Januari 2015

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MELALUI BERMAN MUSIK PIANO



A.    JUDUL   
UPAYA  GURU  DALAM  MENINGKATKAN    KECERDASAN EMOSI  MELALUI   BERMAN MUSIK PIANO DI TK PERTIWI 3 SOBO KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2013.


B.    PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang Masalah
Musik merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, karena musik dapat menjadikan orang merasa senang, gembira dan nyaman. Musik bisa menjadi efektif di bidang akademis dengan membantu pembentukan pola belajar, mengatasi kebosanan dan menangkal kebisingan eksternal yang mengganggu. Musik juga dapat membantu kita merasa bertenaga, percaya diri, mengurangi kesedihan, menghapus kemarahan, melepaskan stress serta mengurangi rasa takut dan cemas.
Musik harus dikenalkan sedini mungkin pada anak bahkan sejak dalam kandungan anak sudah dirangsang dengan jenis musik yang dapat mengembangkan kecerdasan anak yaitu jenis musik klasik. Memperdengarkan musik atau suara lain yang menyenangkan bagi bayi yang masih dalam kandungan ternyata bisa menstimulasi sistem pendengaran mereka dan berpengaruh positif pada respons mereka terhadap musik dan suara-suara lain setelah mereka lahir. Bayi-bayi ketika di dalam kandungan mendengarkan musik yang rileks dan menenangkan ternyata tumbuh dan bertambah berat badannya dengan mudah serta lebih damai dengan diri mereka sendiri dan lingkungan sekitarnya, begitu mereka hadir di “dunia nyata” (John M. Ortiz, 2002: 1). Lingkungan terutama orang tua berperan penting untuk menumbuh kembangkan kecerdasan emosi anak yaitu salah satu diantaranya lewat musik. Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosionalnya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Musik yang didengar berupa irama dan nada-nada yang teratur dari perpaduan seimbang antara beat, ritme dan harmoni (Bambang Sujiono dan Nurani Yuliani, 2005: 119).
Orang tua seringkali beranggapan bidang musik termasuk salah satu bidang yang bila ditekuni tidak bisa menjamin masa depan. Oleh karena itu, orang tua lebih cenderung mengarahkan anak pada bidang-bidang ilmu kognitif dan beranggapan bahwa dengan menguasai ilmu kognitif seseorang mudah mencapai keberhasilan serta derajat terpandang dalam masyarakat. Padahal sebetulnya dengan musik anak akan dapat mencurahkan pikiran, rasa dan karsa dalam setiap aktivitasnya.
Selain kenyataan di atas, orang tua juga belum memahami cara menumbuhkembangkan kecerdasan emosi anak. Seorang anak yang tidak bisa mengendalikan emosinya dengan baik seringkali dikarenakan orang tua kurang bisa memahami perasaan dan kehendak si anak. Luapan emosi yang tidak terungkap secara fokus dan jelas dapat mengarah pada perilaku destruktif (merusak). Sebagai contoh, anak yang tidak bisa mengungkapkan bahwa dirinya sesungguhnya merasa cemburu karena mainan adiknya lebih bagus mungkin akan bertindak agresif dengan merusakkan mainan adiknya atau memukul adiknya.
Musik harus dikenalkan sedini mungkin pada anak-anak agar anak dapat meluapkan emosinya lewat musik tersebut. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak orang tua yang belum memahami bahwa pengenalan musik sejak dini dapat menumbuhkembangkan kecerdasan emosi anak. Selain itu, ada juga orang tua yang memaksakan anaknya untuk dapat memainkan jenis alat musik tertentu. Sebagai orang tua harus memahami kesiapan anak untuk belajar musik. Misalnya kemampuan fisik dan mental anak.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak, yaitu : faktor internal (dari dalam diri anak itu sendiri), faktor eksternal (faktor luar). Faktor internal tentunya sangat tergantung pada perkembangan fungsi otaknya, yang terjadi sejak ia masih berada didalam kandungan ibu, oleh karenanya faktor gizi ibu dan anak sangatlah penting untuk diperhatikan. Selain hal tersebut di atas ada faktor lain pada diri anak itu sendiri yang dapat mempengaruhi kecerdasannya, yaitu faktor emosi dan perilaku dari anak tersebut. Dalam kondisi emosi dan perilaku yang terganggu tentunya anak tidak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Ia akan mengalami berbagai macam hambatan dalam tumbuh kembangnya, seperti gangguan perkembangan fisik, gangguan dalam bidang akademis, dalam interaksi social dengan lingkungannya dan sebagainya. Selain hal itu faktor eksternal juga sangat penting untuk diperhatikan, karena mempunyai dampak yang cukup besar pada turnbuh kembang anak bila faktor ini mengalami masalah. Kondisi-kondisi seperti ini apabila tidak dideteksi sedini mungkin dan mendapatkan pertolongan secepatnya, dapat mengakibatkan perkembangan anak terganggu, termasuk kecerdasannya. Diharapkan dengan intervensi dini anak akan tumbuh kembang dengan optimal sesuai dengan kemampuannya.
Akan tetapi kenyataannya proses pembelajaran di musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013, Dalam peningkatan kecerdasan emosi anak kuarang mendapat perhatian karena system pendidikan yang lebih mengembangkan kemampuan akademik. Kecerdasan emosi anak kurang berkembang karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton di sekolah kurang merangsang tumbuh kembangnya kecerdasan emosi anak. Metode pembelajaran melalui permainan music pada anak kurang dilakukan oleh pendidik padahal hal ini dapat memberi warna lain dalam metode pembelajaran menghindari metode statis untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka penulis ingin menelaah tentang “upaya  guru  dalam  meningkatkan  kecerdasan emosi  melalui permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013”.
2.      Identifikasi Masalah
Berdasar latar belakang masalah yang telah dikemukakan, penulis mengidentivikasi beberapa masalah sebagai berikut :
a.       Peningkatan kecerdasan emosi anak kuarang mendapat perhatian karena sistem pendidikan yang lebih mengembangkan kemampuan akademik.
b.      Kecerdasan emosi anak kurang berkembang karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton.
c.       Meningkatan kecerdasan emosi anak melalui permainan music pada anak kurang dilakukan oleh pendidik padahal hal ini dapat memberi warna lain dalam metode pembelajaran menghindari metode statis untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak.
3.      Pembatasan Masalah
Dari beberapa masalah yang mengemuka dan teridentifikasi menunjukan betapa luasnya permasalahan tersebut, maka perlu adanya pembatasan masalah, mengingat terbatasnya sumber – sumber referensi, maka dalam penelitian ini hanya membatasi upaya  guru  dalam  meningkatkan  kecerdasan emosi  melalui permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.
4.      Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dalam latar belakang masalah maka permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah:
a.       Bagaimana upaya  guru  dalam  meningkatkan  kecerdasan emosi  melalui permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013?
b.      Adakah Peningkatkan kecerdasan emosi  melalui permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013?
5.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :  
a.       Untuk mengetahui ada tidaknya upaya  guru  dalam  meningkatkan  kecerdasan emosi  melalui permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.
b.      Untuk mengetahui peningkatkan kecerdasan emosi melalui   permainan musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.

6.     Manfaat Penelitian
a.       Manfaat Teoritis
Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah cakrawala / khasanah pengetahuan tentang upaya  guru  dalam  meningkatkan   kecerdasan emosi  melalui   permainan musik pada anak.
b.      Manfaat Praktis
1)      Bagi TK
Diharapkan sebagai informasi dan masukan guna inovasi baru dalam peningkatan kecerdasan emosi pada anak didik.


2)      Bagi guru
Diharapkan dapat meningkatkan kopetensi di bidang pendidikan serta bias membantu pemerintah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan nasional.
3)      Bagi orang tua  
Diharapkan memperkenalkan musik sedini mungkin kepada anak dan orang tua juga memahami kesiapan anak untuk belajar musik.

1 komentar:

  1. Casino Games Archives - DRMCD
    Looking for Casino Games? 경산 출장마사지 Casino Games 속초 출장마사지 has over 100 제주도 출장마사지 games 대전광역 출장마사지 and offers over 1200 games 정읍 출장안마 available to play. Play and win with our wide range of Casino games. Play Now!

    BalasHapus