A. JUDUL
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MELALUI BERMAN
MUSIK PIANO DI TK PERTIWI 3 SOBO KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2013.
B.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Musik
merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, karena musik dapat
menjadikan orang merasa senang, gembira dan nyaman. Musik bisa menjadi efektif
di bidang akademis dengan membantu pembentukan pola belajar, mengatasi
kebosanan dan menangkal kebisingan eksternal yang mengganggu. Musik juga dapat
membantu kita merasa bertenaga, percaya diri, mengurangi kesedihan, menghapus
kemarahan, melepaskan stress serta mengurangi rasa takut dan cemas.
Musik
harus dikenalkan sedini mungkin pada anak bahkan sejak dalam kandungan anak
sudah dirangsang dengan jenis musik yang dapat mengembangkan kecerdasan anak
yaitu jenis musik klasik. Memperdengarkan musik atau suara lain yang
menyenangkan bagi bayi yang masih dalam kandungan ternyata bisa menstimulasi
sistem pendengaran mereka dan berpengaruh positif pada respons mereka terhadap
musik dan suara-suara lain setelah mereka lahir. Bayi-bayi ketika di dalam
kandungan mendengarkan musik yang rileks dan menenangkan ternyata tumbuh dan
bertambah berat badannya dengan mudah serta lebih damai dengan diri mereka
sendiri dan lingkungan sekitarnya, begitu mereka hadir di “dunia nyata” (John
M. Ortiz, 2002: 1). Lingkungan terutama orang tua berperan penting untuk
menumbuh kembangkan kecerdasan emosi anak yaitu salah satu diantaranya lewat
musik. Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih
berkembang kecerdasan emosionalnya dibandingkan dengan anak yang jarang
mendengarkan musik. Musik yang didengar berupa irama dan nada-nada yang teratur
dari perpaduan seimbang antara beat, ritme dan harmoni (Bambang Sujiono dan
Nurani Yuliani, 2005: 119).
Orang
tua seringkali beranggapan bidang musik termasuk salah satu bidang yang bila
ditekuni tidak bisa menjamin masa depan. Oleh karena itu, orang tua lebih
cenderung mengarahkan anak pada bidang-bidang ilmu kognitif dan beranggapan
bahwa dengan menguasai ilmu kognitif seseorang mudah mencapai keberhasilan
serta derajat terpandang dalam masyarakat. Padahal sebetulnya dengan musik anak
akan dapat mencurahkan pikiran, rasa dan karsa dalam setiap aktivitasnya.
Selain
kenyataan di atas, orang tua juga belum memahami cara menumbuhkembangkan
kecerdasan emosi anak. Seorang anak yang tidak bisa mengendalikan emosinya
dengan baik seringkali dikarenakan orang tua kurang bisa memahami perasaan dan
kehendak si anak. Luapan emosi yang tidak terungkap secara fokus dan jelas
dapat mengarah pada perilaku destruktif (merusak). Sebagai contoh, anak yang
tidak bisa mengungkapkan bahwa dirinya sesungguhnya merasa cemburu karena
mainan adiknya lebih bagus mungkin akan bertindak agresif dengan merusakkan
mainan adiknya atau memukul adiknya.
Musik
harus dikenalkan sedini mungkin pada anak-anak agar anak dapat meluapkan
emosinya lewat musik tersebut. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak
orang tua yang belum memahami bahwa pengenalan musik sejak dini dapat
menumbuhkembangkan kecerdasan emosi anak. Selain itu, ada juga orang tua yang
memaksakan anaknya untuk dapat memainkan jenis alat musik tertentu. Sebagai
orang tua harus memahami kesiapan anak untuk belajar musik. Misalnya kemampuan
fisik dan mental anak.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan
kecerdasan anak, yaitu : faktor internal (dari dalam diri anak itu sendiri),
faktor eksternal (faktor luar). Faktor internal tentunya sangat tergantung pada
perkembangan fungsi otaknya, yang terjadi sejak ia masih berada didalam
kandungan ibu, oleh karenanya faktor gizi ibu dan anak sangatlah penting untuk
diperhatikan. Selain hal tersebut di atas ada faktor lain pada diri anak itu sendiri
yang dapat mempengaruhi kecerdasannya, yaitu faktor emosi dan perilaku dari
anak tersebut. Dalam kondisi emosi dan perilaku yang terganggu tentunya anak
tidak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Ia akan mengalami berbagai macam
hambatan dalam tumbuh kembangnya, seperti gangguan perkembangan fisik, gangguan
dalam bidang akademis, dalam interaksi social dengan lingkungannya dan
sebagainya. Selain hal itu faktor eksternal juga sangat penting untuk
diperhatikan, karena mempunyai dampak yang cukup besar pada turnbuh kembang
anak bila faktor ini mengalami masalah. Kondisi-kondisi seperti ini apabila
tidak dideteksi sedini mungkin dan mendapatkan pertolongan secepatnya, dapat
mengakibatkan perkembangan anak terganggu, termasuk kecerdasannya. Diharapkan
dengan intervensi dini anak akan tumbuh kembang dengan optimal sesuai dengan
kemampuannya.
Akan tetapi kenyataannya proses pembelajaran di musik
piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013, Dalam
peningkatan kecerdasan emosi anak kuarang mendapat perhatian karena system
pendidikan yang lebih mengembangkan kemampuan akademik. Kecerdasan emosi anak
kurang berkembang karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton di sekolah
kurang merangsang tumbuh kembangnya kecerdasan emosi anak. Metode pembelajaran melalui
permainan music pada anak kurang dilakukan oleh pendidik padahal hal ini dapat
memberi warna lain dalam metode pembelajaran menghindari metode statis untuk
meningkatkan kecerdasan emosi anak.
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka penulis ingin menelaah tentang “upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013”.
2.
Identifikasi
Masalah
Berdasar latar
belakang masalah yang telah dikemukakan, penulis mengidentivikasi beberapa
masalah sebagai berikut :
a.
Peningkatan kecerdasan
emosi anak kuarang mendapat perhatian karena sistem pendidikan yang lebih
mengembangkan kemampuan akademik.
b.
Kecerdasan emosi anak
kurang berkembang karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton.
c.
Meningkatan kecerdasan
emosi anak melalui permainan music pada anak kurang dilakukan oleh pendidik
padahal hal ini dapat memberi warna lain dalam metode pembelajaran menghindari
metode statis untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak.
3.
Pembatasan Masalah
Dari beberapa masalah yang
mengemuka dan teridentifikasi menunjukan betapa luasnya permasalahan tersebut,
maka perlu adanya pembatasan masalah, mengingat terbatasnya sumber – sumber
referensi, maka dalam
penelitian ini hanya membatasi upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.
4. Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian yang
telah dikemukakan dalam latar belakang masalah maka permasalahan yang muncul
dalam penelitian ini adalah:
a.
Bagaimana upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013?
b.
Adakah Peningkatkan
kecerdasan emosi melalui
permainan musik piano di TK Pertiwi 3
Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013?
5.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan makalah ini
adalah :
a. Untuk mengetahui ada tidaknya upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.
b. Untuk
mengetahui peningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik piano di TK Pertiwi 3 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013.
6.
Manfaat Penelitian
a.
Manfaat Teoritis
Manfaat
penelitian ini adalah untuk menambah cakrawala / khasanah pengetahuan tentang upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan emosi melalui permainan
musik pada anak.
b.
Manfaat Praktis
1) Bagi
TK
Diharapkan
sebagai informasi dan masukan guna inovasi baru dalam peningkatan kecerdasan
emosi pada anak didik.
2) Bagi
guru
Diharapkan dapat
meningkatkan kopetensi di bidang pendidikan serta bias membantu pemerintah
dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan nasional.
3) Bagi
orang tua
Diharapkan
memperkenalkan musik sedini mungkin kepada anak dan orang tua juga memahami
kesiapan anak untuk belajar musik.
Casino Games Archives - DRMCD
BalasHapusLooking for Casino Games? 경산 출장마사지 Casino Games 속초 출장마사지 has over 100 제주도 출장마사지 games 대전광역 출장마사지 and offers over 1200 games 정읍 출장안마 available to play. Play and win with our wide range of Casino games. Play Now!